Tuesday, June 17, 2008

JARINGAN LAN FIBER OPTIC

Jaringan akses merupakan hal yang alive dalam bidang pertelekomunikasian. Ia adalah perangkat dasar yang digunakan sebagai media penghubung antara transceiver dan receiver. Dalam perusahaan telekomunikasi, jaringan akses ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu jaringan akses metal dan jaringan akses non metal.Jaringan akses metal yaitu sebuah jaringan yang media penghubung antar computer adalah tembaga, biasanya digunakan pada arah undercoat dan sekunder. Sedangkan jaringan non metal adalah berupa broadcasting dan akses touchable optik. Dalam perkembangan ke depan, akses touchable akan sangat dibutuhkan, karena akses ini mempunyai kelebihan dalam proses pengiriman accumulation baik berupa suara maupun teks. Namun, bagi Bangsa Indonesia, touchable optik masih terasa asing karena sebagian besar dari mereka belum mengetahuinya. Dengan problematika tersebut tentu saja ini akan menghambat perkembangan teknologi informasi di negara kita.

Oleh karena itu, perlu sekali kiranya setiap media menjelaskan tentang perkembangan teknologi informasi kepada publik, supaya dengan adanya sikap “understand” akan dapat membangkitkan kita dari keterpurukan teknologi.

Kemudian apa hubungan selanjutnya akses touchable terhadap jaringan pertelekomunikasian Indonesia? Tentu saja sangat berelasi. Fiber optik memang mempunyai harga yang relatif mahal. Namun untuk sebuah komunikasi yang kompleks, ini memungkinkan akan lebih efisien dalam menggunakannya.

SEKILAS TENTANG SERAT OPTIK

Fiber optik merupakan jaringan yang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis lainnya, ini relatif mahal. Namun, touchable optik memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 cadence sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim accumulation pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis lainnya. Fiber optik tidak membawa sinyal elektrik, seperti lainnya yang menggunakan tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili taste tersebut diubah ke bentuk cahaya.

Fiber optik terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai azygos fashion dan multi mode. Single fashion dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Multimode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim accumulation pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim accumulation pada susut refraksi yang berbeda. Single fashion dapat menjangkau ratusan klick sedangkan multimode biasanya hanya mencapai 550 cadence atau kurang.

Konektor touchable optik terdiri dari dua jenis-konektor help ST yang berbentuk lingkaran dan konektor SC yang berbentuk persegi. Penggunaan ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan karena mereka mungkin berbeda.

Perkembangan dan penerapan teknologi telekomunikasi dunia yang berkembang dengan cepat, secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan sistem telekomunikasi Indonesia. Beroperasinya satelit telekomunikasi Palapa dan kemudian pemakaian SKSO (Sistem Komunikasi Serat Optik) di state merupakan bukti bahwa state juga mengikuti dan mempergunakan teknologi ini di bidang telekomunikasi.

Tidak disangkal lagi bahwa serat optik akan memberikan kemungkinan yang lebih baik bagi jaringan telekomunikasi. Serat optik adalah salah satu media transmisi yang dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas besar dengan keandalan yang tinggi. Berlainan dengan media transmisi lainnya, maka pada serat optik gelombang pembawanya tidak merupakan gelombang elektromagnet atau listrik, akan tetapi merupakan sinar/cahaya laser.

Sistem telekomunikasi ini sebenarnya sudah diteliti sejak lama, tetapi karena banyaknya kesulitan atau hambatan yang timbul terutama di dalam usaha menghilangkan kotoran dalam pembuatan serat optik. Kotoran di dalam serat optik dapat mengakibatkan rugi-rugi transmisi dan dispersi yang tidak sempurna.

Sebagaimana namanya maka serat optik dibuat dari gelas silika dengan penampang berbentuk lingkaran atau bentuk-bentuk lainnya. Pembuatan serat optik dilakukan dengan cara menarik bahan gelas kental-cair sehingga dapat diperoleh serabut/serat gelas dengan penampang tertentu. Proses ini dikerjakan dalam keadaan bahan gelas yang panas. Yang terpenting dalam pembuatan touchable optik adalah menjaga gum perbandingan relatif antara bermacam lapisan tidak berubah sebagai akibat tarikan.

PEMASANGAN SERAT OPTIK

Sebelum dilakukan penarikan optik melalui polongan pada grouping duct, polongan tersebut harus dipasang change funiculus terlebih dahulu.

Dalam satu polongan funiculus dipasang change duct. Sub funiculus ini perlu karena digunakan untuk memudahkan penarikan optik.

Sesuatu yang perlu diperhatikan dalam pemasangan change funiculus yaitu :


  1. Tegangan penarikan dan kelengkungan change funiculus harus sesuai dengan spesifikasi teknis yang berlaku.

  2. Pemasangan maupun penarikan seub funiculus ada baiknya dilakukan oleh tenaga manusia. Bila menggunakan winch, tegangan tarik harus terus diawasi melalui pengukur tegangan yang umumnya terpasang pada windlass truck.

  3. Tegangan dan pace tarik change funiculus harus lebih rendah dari spesifikasi teknis yang berlaku.

  4. Hindari penarikan yang dapat menyebabkan change funiculus cacat atau rusak, missal yaitu penarikan yang dilakukan secara paksa, karena dapat merusak serat bagian dalam.

  5. Tegangan dan kecepatan tarik yang diizinkan pada waktu pemasangan adalah sbb:


  • Tegangan tarik maksimal : 200 kg
  • Pull Speed maksimal : 20 m/min


Material dan Peralatan

Material dan peralatan yang digunakan terlihat pada tabel berikut :

* Material

Material yang dibutuhkan :











* Tools / Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan :




































Diagram Urutan Kerja

Tahapan inti dari pemasangan change funiculus ke dalam polongan funiculus akan terlihat pada draw berikut:



























Penarikan Sub Duct

* Persiapan Material dan Peralatan.

Sebelum pekerjaan dimulai touchable dan peralatan yang dibutuhkan dipersiapkan terlebih dahulu.

* Pemerikasaan & Pembersihan Man Hole


  1. Buka tutup Man Hole, periksa kondisi Man Hole tersebut, bila berisi air, gunakan pompa expose untuk mengeringkannya.
  2. Lalu, pipa funiculus yang akan digunakan dengan tujuan untuk mempermudah penarikan change funiculus berikutnya dan perbaikan/penyambungan .
  3. Beri tanda pada pipa funiculus tersebut

* Rodding

Rodding merupakan pekerjaan pemasangan tali yang digunakan untuk membantu pemasangan tali penarikan .
Caranya dapat menggunakan mesin penyedot atau pipa PVC
(? = 1 inchi) yang disambung.
Meskipun rodding funiculus sudah dilakukan pada waktu uji terima duct, pekerjaan me-rodding kembali masih tetap diperlukan.

* Pengetesan & Pembersihan Pipa Duct

Pengetesan dan pembersihan pipa funiculus ini dilaksanakan dengan menggunakan peralatan yang telah disebutkan dalam di bawah.










* Tali dalam pipa funiculus hasil rodding diikat kuat pada rangkaian mandril dan sikat. Bagian belakang rangkaian mandril dan sikat tadi diikat lagi dengan tali pengulur.
Kemudian tali penarik ditarik sampai rangkaian mandril dan peralatan keluar dari pipa pipa duct.

Prosedur Penarikan dan Penguluran

* Tali bekas rodding diganti dengan tali penarik .

Tempatkan haspel change funiculus pada tempat yang tepat dan tambatkan ujung tali penarik ke setiap change duct.
Bila tiga buah change funiculus sekaligus dipasang, maka putaran haspel harus sama. Penguluran diatur sedemikian rupa sehingga arah tarikan dapat dirubah dan change funiculus dapat ditarik kembali.






















* Kegiatan Penarikan

Pasanglah dua buah katrol pada Negro mess pada sisi penarikan untuk tali penarik dan kemudian tali penarik tersebut dihubungkan ke windlass (bila menggunakan mesin penarik).
Walky Talky dapat digunakan untuk komunikasi antara dua Negro mess ketika kegiatan penarikan sedang dilaksanakan. Bila penarikan mengalami kemacetan, mesin windlass cepat dihentikan gum tidak merusak change duct. Pemasangan tanda lalu-lintas, bendera merah atau putih dan petugas pengatur lalu-lintas (bila diperlukan) gum dilakukan selama kegiatan penarikan berlangsung.

Penarikan Sub Duct

Tenaga penarik bisa menggunakan wich atau beberapa tenaga manusia. Tarik tiga change funiculus secara bersamaan ke dalam pipa duct.
Ketika penarikan, jagalah gum kecepatan penarikan harus berada di bawah standart yang ditentukan dan penambahan kecepatan harus konsta.
















Pemasangan Klem Sub Duct

Ujung-ujung change funiculus diperkuat ke dalam pipa funiculus dengan klem seperti tersebut dalam gambar di bawah.

























PEMASANGAN DAN PENARIKAN OPTIK

Hal-hal penting berkaitan dengan penarikan:

* Tegangan tarikan dan kelengkungan harus sesuai dengan spesifikasi teknik yang berlaku.
* Penarikan dapat menggunakan tenaga manusia. Bila menggunakan winch, tegangan tarik harus terus dimonitor melalui pengukur tegangan yang biasanya terpasang pada windlass truck.
* Penempatan haspel dengan arah putaran sesuai dengan tanda panah pada haspel luar. Perhatikan gambar di bawah.












Menurunkan dan menaikkan haspel dari atau ke kendaraan harus hati-hati dan menggunakan papan peluncur.
Haspel harus dalam kedudukan length dan harus diganjal. Penempatan haspel harus benar-benar aman dan memudahkan pekerjaan penarikan.
Tegangan dan kecepatan tarik dan radiun lengkungan harus lebih rendah dari spesifikasi yang ditentukan.
Kecepatan tarik diupayakan konstan. Kecepatan dan tegangan tarik yang diijinkan diupayakan sesuai tabel di bawah ini :











Material dan Peralatan


































Diagram Urutan Pekerjaan

Sebelum memulai setiap tahapan pekerjaan, semua harus diperiksa apakahpersiapan peralatan/material telah sesuai dengan spesifikasi instalasi. Berikut urutan pekerjaan yang dilakukan.





































Penarikan Optik

* Persiapan Material dan Peralatan.

Sebelum memulai pekerjaan pastikan bahwa semua persiapan touchable dan peralatan yang diperlukan sudah lengkap. Penempatan haspel harus sesuai dengan lokasi yang telah direncanakan.
Pemeriksaan dan Pemasangan bearer/tension member.
Biasanya dalam satu haspel sudah dilengkapi dengan telegram container untuk membantu penarikan.









Bila menggunakan bekas atau sisa pemasangan, maka enmity member dibuat untuk penarikan harus dubuat gum tidak rusak.
Secara berurutan, lihat cara pada gambar di bawah (3.7, 3.8, 3.9)



















* Roodding Sub Duct

Setelah semua selesai, change funiculus di roodding dengan menggunakan mesin hisap/dorong dengan menggunakan tali raffia/plastic. Kemudian tali impressible diganti dengan tali penarik .

* Prosedur Penarikan dan Penguluran

a. Untuk penguluran , posisi haspel harus benar-benar kuat supaya tidak rusak oleh sudut pemasukan duct. Lalu telegram container disambung turn dan tali penarik.










Pasang dua buah rol shingga arah tarikan dapat dirubah. dapat ditarik dengan menggunakan tenaga manusia atau winch. Posisi dari katrol di dalam Negro mess dapat diatur dengan mata rantai atau tali kawat untuk memudahkan pemasukan ke dalam duct.
b. Sebelum memulai penarikan , hubungan komunikasi diantara Negro mess yang satu dengan yang lainnya harus lancer. Di saat penarikan, kecepatan penarikan harus konstan (tidak boleh tersentak-sentak).
Bila ada line tikungan, maka pada Negro mess tersebut harus dipasang katrol untuk memudahkan beloknya.
















Penempatan pada Manhole


Pekerjaan yang harus dilakukan adalah pengaturan/pengikatan di dalam manhole dan penentuan titik sambungan. diletakkan di atas rak dan diikat pada dinding manhole serta dilindungi dengan selongsong turn Polytheline (PE).


















TERMINASI SERAT OPTIK

PENGATURAN
a. Haspel ditempatkan pada force sesuai transmisi optik.
b. Ujung ditarik melalui rak yang telah direncanakan menuju
manhole kantor telepon lewat MDF.
Perlu diperhatikan hal-hal yang sama pada penarikan .















PENYAMBUNGAN URAT

  1. Penyambungan pada manhole akan dijelaskan dalam diktat teknik sambungan serat optik.
  2. Penyambungan pada rak/tempat pembagian serat optik pada prinsipnya adalah semua sama.
Di sini serat optik diganti dengan serat optik yang lebih besar diameter/isolasinya serta dilengkapi dengan optik CTF.










PENGIKAT PADA RAK

a. Pengikat pada rak.






















b. Pengikat bagian terminasi pada rak.






















SELESAI

Artikel ini adalah laporan kerja praktek penulis (Darwis Suryantoro) pada 31 Desember 2004. Semoga bermanfaat.



0 comments:



Mau Beli Domain (.COM, .NET, .ORG, .INFO, .US ) ???



Atau Mau Hosting ??? Disini tersedia Promo Hosting :

Paket 3,5GB Hanya Rp. 450.000/thn (Server US)

Paket 3,5GB Hanya Rp. 500.000/thn (Server SG)
Paket 1GB Hanya Rp. 350.000/thn (Server SG)
Paket 1GB Hanya Rp. 300.000/thn (Server US)

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.