Thursday, June 12, 2008

Masa Berlaku Nama Domain .id Sudah Bisa 2 Tahun

Press Release PANDI : Jumat, 6 Juni 2008

Pada tanggal 1 Juli 2008, genap satu tahun PANDI mengelola nama domain .id, yang meliputi: pendaftaran, perpanjangan & management nama domain sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Selama 1 tahun itu PANDI telah menerima pendaftaran nama domain baru, juga menghapus nama-nama domain yang sudah tidak aktif untuk menjaga efisiensi pengelolaan & juga membuka kesempatan nama-nama lama digunakan pihak lain yang membutuhkan.


Belajar dari pengalaman perpanjangan tahun lalu, PANDI membuka fasilitas perpanjangan 2 bulan sebelum masa berlaku, contoh : nama domain yang jatuh tempo 1 Agustus 2008. Selain itu PANDI juga menyediakan pilihan perpanjangan 1 tahun atau 2 tahun berdasarkan permintaan dari pemakai nama domain.

Perpanjangan dapat dilakukan secara on-line melalui web pandi.or.id untuk memilih waktu 1 atau 2 tahun untuk mencetak invoice. Untuk yang tidak memerlukan invoice dapat langsung mengirimkan konfirmasi diikuti dengan mengirimkan email telah melakukan pembayaran.

Untuk lebih jelas, petunjuk lengkap dapat ditemukan di website PANDI.

PANDI juga memberikan layanan khusus bagi para pengelola nama domain dengan jumlah yang banyak seperti ISP, Domreg Agency, dll untuk memudahkan proses perpanjangan.

Perlu diketahui bahwa nama domain yang lewat waktu/jatuh tempo akan segera dinon-aktifkan. Bila dalam waktu 1 bulan sesudah jatuh tempo nama tersebut tidak diperpanjang nama domain tersebut dilepas, digunakan oleh publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Seterusnya PANDI akan menjalankan tugasnya dengan memperhatikan UU ITE 11 tahun 2008 terutama yang berkaitan dengan penamaan domain.

PANDI menghimbau untuk pemakai nama domain memeriksa masa berlaku nama domainnya & melakukan proses perpanjangan demi kelancaran pemakaian nama domain.

Nama domain .ID semakin dikenal & dipergunakan termasuk oleh perusahaan internasional (mancanegara). Disayangkan banyak organisasi/perusahaan Indonesia malah lebih memilih mengngunakan nama domain .com.

Sebenarnya nama domain .ID memiliki legitimasi yang lebih baik untuk perlindungan konsumen. Disamping itu bisa saja perusahaan memiliki nama domain .co.id & .com secara bersama-sama.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia

0 comments:



Mau Beli Domain (.COM, .NET, .ORG, .INFO, .US ) ???



Atau Mau Hosting ??? Disini tersedia Promo Hosting :

Paket 3,5GB Hanya Rp. 450.000/thn (Server US)

Paket 3,5GB Hanya Rp. 500.000/thn (Server SG)
Paket 1GB Hanya Rp. 350.000/thn (Server SG)
Paket 1GB Hanya Rp. 300.000/thn (Server US)

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.